Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan Dan Perwujudan Indonesia Emas

 MATERI 8: PERAN MAHASISWA DALAM KEPEDULIAN LINGKUNGAN UNTUK KESEHATAN 

                      DAN PERWUJUDAN INDONESIA EMAS

Oleh: Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes.

   Sejalan dengan  visi Indonesia maju dan SDM unggul, bahwa: Tidak ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas manusia suatu bangsa dibanding melalui jalur pendidikan maka, manusia-manusia yang berkualitas itu hanya akan tercipta dari proses pendidikan yang berkualitas pada semua tingkatan, termasuk pendidikan tinggi.

Setiap aktivitas akan selalu beriringan dengan resiko, Maka jangan takut dan jangan panik, lakukan hal ini: kenali risiko, cegah/ kendalikan risiko, dan beraktivitaslah seperti biasa.

Proses manajemen risiko

1. Menetapkan konteks

2. Penilaian risiko, meliputi: identifikasi risiko, analisa risiko, evaluasi risiko

3. Penanganan risiko, meliputi: perlakuan risiko, pengendalian risiko

Tantangan penyakit tidak menular di Indonesia disebabkan dari pola makan, pola asuh, pola gerak dan pola makan seperti tinggi kalori, rendah serat, tinggi garam, tinggi gula dan tinggi lemak diikuti gaya hidup sedentery lifestyle, memilih makanan junk food ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik, stress. Hal ini memicu timbulnya penyakit hipertensi, diabetes militus, obesitas, kanker, jantung, dan hiperkolesterol

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan yaitu 

1. Unsafe action

2. Unsafe condition

Contohnya: Mahasiswi S2 tewas akibat lab terbakar sedang penelitian tesis

Hal ini dapat dicegah dengan cara:

1. Perhatikan instruksi keselamatan kepala laboratorium / dosen / dan atau asisten lab

2. Cermati SOP / panduan saat bekerja di laboratprium

3. Segera lapor jika terjadi bahaya untuk dilakukan upaya pengendalian darurat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi

Unusa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa