Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia emas

 MATERI 11: PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS

Oleh: Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd yang diwakilkan oleh Bapak Mukari

   Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif. Bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan di dominasi oleh kelompok usia produktif.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme dan ideologi anti pancasila di Indonesia.

Pancasila dan Pembangunan

1. Pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai pancasila.

2. Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebutuhan spiritual.

Pembangunan dalam Perspektif Pancasila

Pembangunan yang arah nilai-nilai kemanusiaan sebagai "core values"

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti yang harus dijabarkan dan dikkembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan. Kelima nilai-nilai inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah laku segenap warna negara, baik secara perseorangan maupun kolektif.


   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi

Unusa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa